Musibah 7 Kabupaten di Aceh Dilanda Banjir dan Puting Beliung

Artikel terkait : Musibah 7 Kabupaten di Aceh Dilanda Banjir dan Puting Beliung

Musibah 7 Kabupaten di Aceh Dilanda Banjir dan Puting Beliung



Manisinfo.com - Awal tahun 2017, sejumlah daerah di Aceh dilanda musibah banjir. Tentu, bencana tersebut meninggalkan kesedihan bagi para warga yang menjadi korban, pasalnya baru 1 bulan pasca gempa yang memporak-porandakan Pidie Jaya, sejumlah bencana alam kembali terjadi di sejumlah kabupaten di Aceh.
Banjir karena luapan air sungai akibat guyuran air hujan yang terus membasahi Aceh sejak awal pekan ini.
Namun menjelang akhir pekan ini juga sejumlah daerah juga dikabarkan diterpa angin puting beliung yang mengakibatkan sejumlah pohon ikut tumbang dan menimpa rumah warga.
Untuk lebih detail berikut telah kami rangkum catatan bencana alam yang melanda Aceh pada awal tahun ini.
1.Banjir Padang Tiji
Awal tahun sejumlah daerah di Aceh diguyur hujan deras, salah satunya Pidie, akibat guyuran hujan deras tersebut sejumlah gampong di Kecamatan Padang Tiji, Kabupaten Pidie dilaporkan terendam banjir pada 2 Januari 2017.
Informasi yang diperoleh mediaaceh.co, gampong yang terendam banjir adalah, Gampong Peudaya, Tanjong, Kupula, Seumanyam, Pasar Padang Tiji, Beurabo, Leuen, Meuriya, dan Gampong Njong.
Selain merendam perkampungan, air setinggi 20 cm juga mengenangi jalan nasional.
Akibat banjir itu sejumlah warga sempat mengungsi ke meunasah pada Senin pagi, namun pada siang harinya warga sudah kembali ke rumah masing-masing.
2.Banjir Aceh Timur
Di hari kedua tahun baru 2017, hujan deras mengguyuri kawasan Aceh Timur akibatnya 52 desa di 8 Kecamatan di Kabupaten Aceh Timur dilanda banjir dengan ketinggian 30-100 cm.
Akibat bencana alam dilaporkan para warga terpaksa mengungsi ke rumah sanak saudara mereka serta dua unit rumah hanyut, 13 unit rumah rusak berat, 8 unit rumah rusak sedang dan satu unit jembatan rusak berat dan 1 orang hilang terseret arus sungai.
Namun pada 3 Januari banjir mulai surut, dan warga mulai kembali ke rumah masing-masing.
3. Banjir Aceh Singkil
Aceh Singkil merupakan daerah yang rawan banjir, pasalnya di akhir tahun 2016, banjir dengan ketinggian 50 Cm melanda kawasan Aceh Singkil diakibatkan karena sungai tidak mampu menampung debit air yang tinggi akibat hujan deras yang terus melanda kawasan itu.
Pada awal tahun 2017, musibah banjir kembali merendam beberapa desa dan jalur transportasi di Kabupaten Aceh Singkil. Banjir luapan sungai ini disebabkan hujan yang terus mengguyur wilayah Aceh Singkil dan Subulussalam dalam sepekan ini.
Berdasarkan pantauan mediaaceh.co, Kamis 5 Januari 2017, wilayah yang terkena banjir merupakan daerah pemukiman penduduk yang berada di sepanjang bantaran Sungai Lae Cinendang, yaitu Ujung Limus Silatong, Tanjung Mas, Lipat Kajang, Kecamatan Simpang Kanan dan Handel dan Cingkam, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil. 
Air setinggi 50-100 Cm juga merendam jalur transportasi yang menghubungkan Desa Cingkam dengan Desa Rimo. 
Meskipun air menggenang perkampungan, warga masih memilih bertahan di rumah mereka masing-masing. 
4. Banjir Aceh Jaya 
Masih persoalan banjir, Sebanyak enam gampong di dua kecamatan Pasie Raya dan Teunom Aceh Jaya dilaporkan telah terendam banjir setinggi lutut kaki orang dewasa. Di Kecamatan Pasie Raya, Gampong Bintah, Sarah Raya, Tuwi Priya dan Pulo Tinggi. Sementara di Kecamatan Teunom, Gampng Baro dan Gampong Payong pada 4 Januari 2017.
Akibatnya para warga terpaksa mengungsi ke rumah tetangga, mushalla, masjid dan kawasan dengan struktur tanah yang lebih tinggi.
Badan Penanggulangan Bencana Pidie Jaya menyatakan, penyebab banjir adalah karena luapan DAS Teunom dan hujan yg mengunyur beberapa hari lalu dan kiriman air dari Tangse Pidie. Untuk jumlah desa hampir semua desa di Pasie Raya tergenang begitu juga di Kecamatan Teunom. 
5.Banjir Aceh Selatan
Hujan deras yang berlangsung sejak 1 Januari lalu menyebabkan air setinggi pinggang orang dewasa membanjiri tiga kecamatan di kabupaten Aceh Selatan pada 3 Januari 2017.
Tiga kecamatan tersebut adalah kecamatan Kluet Tengah, Kluet Utara dan Kluet Timur. Diperkirakan banjir terjadi akibat luapan Sungai Kluet. 
6. Banjir Pidie Jaya
Hujan deras mengguyur kawasan Pidie Jaya pada Rabu 4 Januari 2016. Akibatnya sejumlah desa di kawasan Meura Dua, Pidie Jaya tergenang air akibat luapan air sungai Meureudu.
Air dengan ketinggian mencapai 30 Cm tersebut menggenangi rumah warga. Namun tidak ada korban dalam musibah ini.
7. Banjir Aceh Barat
Hujan lebat yang menguyur Kabupaten Aceh Barat sejak tiga hari berturut-turut yakni mulai Senin 3 Januari hingga 5 Januari 2017 telah menyebabkan air sungai meluap sehingga menggenangi tujuh kecamatan di kabupaten itu.
Informasi yang diperoleh mediaaceh.co dari Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat , banjir telah mengenangi Kecamatan Johan Pahlawan, Meureubo, Sungai Mas, Woyla Timur,  Woyla Barat,  Woyla dan Arongan Lambalek.
Amatan BPBD Aceh Barat, sejauh ini belum terdapat adannya korban jiwa dan kerusakan yang terjadi akibat banjir tersebut. 
8. Angin Puting Beliung di Aceh Singkil
Angin puting beliung melanda kawasan Rimo, Aceh Singkil pada Kamis pagi 5 Januari 2017 sekitar pukul 10.45 WIB. Akibat angin puting beliung tersebut, sejumlah bangunan di kawasan itu rusak dan sejumlah pohon tumbang.
Pantauan mediaaceh.co, titik kerusakan terparah terjadi di Dusun III, Desa Blok VI Baru, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil. Kapolsek Gunung Meriah, AKP. Adriamus kepada awak media menyebutkan, sejumlah bangunan rusak akibat tersapu angin, sedangkan sebagian lainnya rusak dikarenakan tertimpa pohon tumbang. Beruntung peristiwa itu tidak menimbulkan korban jiwa. 
9. Angin Puting Beliung di Aceh Timur
Tidak hanya di Kabupaten Singkil, sehari setelahnya tepatnya 6 Januari 2017, angin puting beliung menghantam Kecamatan Darul Aman, Aceh Timur, sekitar pukul 15.30 WIB.
Akibatnya sejumlah pohon di sepanjang jalan negara Banda Aceh – Medan di Desa Bagok Panah I, Kecamatan Darul Aman, juga ikut tumbang dan menutupi badan jalan. Sementara itu 10 unit rumah warga juga ikut rusak akibat tertimpa pohon tumbang dan terpaan angin.(mi/dr)

sumber: http://mediaaceh.co/

Artikel Manis Info Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Manis Info | Design by Bamz