Lima Bendera Bulan Bintang Berkibar di Aceh Timur

Artikel terkait : Lima Bendera Bulan Bintang Berkibar di Aceh Timur

Lima Bendera Bulan Bintang Berkibar di Aceh Timur 


Lima bendera Bulan Bintang terkesan berkibar di Kecamatan Julok, Aceh Timur, bercocokan dengan hari Kemerdekaan Indonesia, Kamis, 17 Agustus 2017. Bendera tersebut diduga sengaja dikibarkan dalam rangka merayakan perjanjian damai antara Republik Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang jatuh pada Selasa, 15 Agustus 2017.

Kelima bendera Bulan Bintang tersebut terkesan dikibarkan di gapura berlatar bendera Merah Putih. Selembar bendera Bulan Bintang lainnya dipasang di pucuk pohon pinang, di depan Masjid Gampong Lhok Seuntang, Kecamatan Julok. Sementara empat bendera lainnya dipasang di pucuk pohon kelapa.

Hingga kabar ini dikirim, Kapolsek Julok Ipda Eko Hadianto, telah turun ke lokasi untuk mengamankan bendera tersebut.

Sebelumnya dikabarkan, selembar bendera Bulan Bintang juga pernah berkibar diantara bendera Merah Putih di Jembatan Pango, Banda Aceh, Kamis, 17 Agustus 2017 dinihari. Bendera yang telah ditetapkan dalam Qanun Bendera serta Lambang Aceh ini kemudian menghilang saat wartawan mengamati lokasi, pagi Kamis.

Semacam diketahui, Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) telah menetapkan Bulan Bintang sebagai bendera daerah Aceh dalam Qanun Bendera serta Lambang Aceh. Tetapi, qanun yang telah dilembardaerahkan ini tetap menuai polemik lantaran Jakarta tak memberbagi restu. Sampai kini, pembahasan tentang Lambang serta Bendera Aceh tetap berstatus coolling down. 

Berbagai ahli hukum mekualitas bendera Aceh berupa Bulan Bintang telah sah untuk dikibarkan. Tetapi, dikarenakan pertimbangan politik antara Pusat (Jakarta) dengan Pemerintah Aceh yang belum sepaham membikin penegak hukum tak jarang memperpersoalankan pengibaran bendera, yang sebelumnya digunakan sebagai bukti diri perlawanan oleh Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ceo almarhum Muhammad Hasan Tiro


sumber: http://portalsatu.com

Artikel Manis Info Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Manis Info | Design by Bamz