GAM Wajib Kembali Bersatu

Artikel terkait : GAM Wajib Kembali Bersatu

GAM Wajib Kembali Bersatu




PRIA itu terdiam. Ia kemudian memandangi seisi warung. Tetapi tatapan terkesan kosong. Badannya tampak kekar. Sekilas ia semacam mantan tentara. 

"Saya semacam tidak percaya, kalau damai Aceh yang telah berlangsung 12 tahun, nyatanya tong kosong," ujarnya tiba-tiba. Ia membakar sebatang rokok Evalution serta menghisapnya dalam dalam.

Berbagai pria di depannya juga tertunduk lesu. Mereka adalah mantan kombatan GAM dari wilayah Aceh Besar, Pase serta Langkat. Saat itu, mereka ngopi di salah satu warung di kawasan Kajhu, pesisir Aceh Besar.

"Kemarin ada Teungku Sufaini Syekhi ajak ketemu. Mereka sama semacam saya, mereka memandang masalah damai Aceh saat ini sedang kritis. Aceh kian dipandang sebelah mata oleh pemerintah pusat. Makanya, mantan GAM wajib kembali bersatu," ucap pria itu. Akhir-akhir diketahui, kalau ia bersahabat disapa dengan Budi Pang Sumatera. Ia adalah mantan petinggi GAM wilayah Langkat. Ia adalah salah satu orang dekat dengan Mualem Muzakir Manaf.

Sedangkan sosok Teungku Sufaini Syekhi yang dimaksud adalah Mantan Juru Bicara (jubir) GAM Australia. Pria ini sempat mempunyai hubungan dengan Irwandi Yusuf serta pendukung pria yang bersahabat disapa Teungku Agam itu di pilkada 2017 lalu.

"Syekhi mengundang ketemu saya. Ia datang langsung kesini bersama berbagai aktivis perempuan. Saya tidak bisa menolaknya. Ia mengaku sedih dengan gubernur sekarang. Ia mungkin sempat membaca statemen saya di media soal rekonsiliasi mantan GAM. Katanya ia sangat mendukung serta ingin bacaan tersebut berkembang," ucap Budi Pang Sumatera lagi.

Bukan hanya dengan Syekhi, kata Budi, sebelumnya juga ada berjumpa dengan sejumlah mantan kombatan GAM yang saat ini berada di pantai politik, baik lokal maupun nasional.

Salah satunya adalah Teungku Meulaboh, mantan kombatan dari Pase. Dinamakan Teungku Meulaboh sebab sosok itu berasal dari Meulaboh, tetapi masuk GAM serta berperang di Pase. Ia adalah mantan kombatan dari D4 Pase.

"Mereka juga mengungkapkan faktor yang sama. Mantan GAM wajib kembali bersatu. Telah lumayan perpecahan yang terjadi," ujarnya.

"Kalau kami mau mengakui. Perpecahan ini hanya memenyesalkan GAM. Dengan perpecahan, impian perjuangan tidak bakal sempat terwujud. Pusat juga memandang Aceh sebelah mata," ucap pria yang duduk berhadap dengan Pang Sumatera. Pria ini bersahabat disapa dengan Zoel.

"Terus cepat persatuan ini, terus keren. Kami berharap ceo bisa merestui," kata Zoel lagi.

Pang Sumatera tersenyum. Ia kemudian mengangguk tanda setuju. 

Wacana persatuan, kata Budi Pang Sumatera, terbukti sedang berhembus kencang di akar rumput mantan GAM. Alasannya, faktor ini adalah jalan satu-satunya bagi mantan kombatan untuk kembali ke jalur awai dengan cara perdamaian terjadi.

"Nanti mungkin bakal ada pertemuan-pertemuan lanjutan untuk konsolidasi ini. Saya berharap teman-teman tidak salah paham," ucap Budi lagi. Sementara berbagai rekan-rekannya kembali mengangguk.

"Mudah-mudahan niat baik ini ditanggapi positif pula," katanya lagi.

sumber: http://mediaaceh.co

Artikel Manis Info Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Manis Info | Design by Bamz