TKI Indonesia Nikmati Liburan di Singapura Penuh Bahagia

Artikel terkait : TKI Indonesia Nikmati Liburan di Singapura Penuh Bahagia

TKI Indonesia Nikmati Liburan di Singapura Penuh Bahagia



Singapura mendapat julukan sebagai negara tersibuk. Sebagai pekerja, tenaga kerja Indonesia (TKI) memiliki beragam cara untuk liburan.

Pantauan detikcom, Mingg puluhan pekerja asisten rumah tangga terlihat menghabiskan waktu liburannya berkeliling kota. Mayoritas pekerja asisten rumah tangga di Singapura berasal dari Indonesia dan Filipina.

Selama satu minggu bekerja, majikan mereka mengharuskan asisten rumah tangganya untuk berlibur. Tak begitu sulit untuk mengenali mereka sebagai TKI, paras ayu gemulai sebagai orang dengan bahasa Indonesia dengan aksen daerah masing-masing.

"Wi kamu kok nggak ada kabar, kemarin aku hubungi kamu," teriak salah satu TKI di kawasan Patung Merlion, Singapura.

Tak hanya di kawasan pertokoan atau mall, ada juga asisten rumah tangga yang memilih berkumpul di ruang tebuka hijau. Berbekal tikar, mereka berkelompok membentuk lingkaran seperti tamasya.

"Enaknya di sini gitu, kita kerja sebagai pembantu tetap mendapatkan hak kami untuk libur," ujar Siti Rohimah (35).

Siti mengaku sudah hampir lima tahun kerja di negara orang. Pendapatan yang dihasilkan cukup memenuhi kebutuhan keluarganya di kampung.

"Suka duka pasti ada, kerja di negara orang sukanya penghasilan yang didapat lebih besar sedang kalau di Jakarta tidak sampai setengah dari gaji kami di sini. Dukanya kita jauh dari keluarga, kalau kenapa-kenapa kita harus bertanggung jawab dengan diri sendiri," sambungnya.

Tour leader Abdul Jupri mengatakan hari Minggu banyak dipilih pekerja TKI berkumpul. Tak hanya pekerja Indonesia menikmati libur, begitu juga pekerja dari negara lain.

"Ada buruh-buruh dari India biasanya kalau hari minggu MRT penuh dengan buruh untuk berkumpul di litle India. Peraturan itu memang dibuat pemerintah untuk para majikannya, " pungkas Jupri.

Selain ada yang berlibur menikmati indahnya kota Singapura, ternyata ada juga TKI yang tengah menjalani foto pre wedding di Patung Merlion. Sepasang kekasih mengenakan baju pengantin sibuk berfoto dengan latar belakang Patung Merlion sebagai icon Singapura. Fotografer yang disewanya sibuk mengarahkan gerakan mereka. 

"Mas calon pengantinya dipeluk donk, dicium bias so sweet," ujar Diana Satiman asisten rumah tangga yang memiliki kerja sampingan sebagai fotograper, Minggu (28/2/2016).

Aksi itu mengundang perhatian pengunjung sekitar patung.  "Ini sengaja foto pre wed. Ya kami sengaja milih hari Minggu karena sekalian liburan," ujar pengantin wanita Siti Rohani.

Siti sendiri merupakan warga Lampung Timur yang sudah dua tahun bekerja di Singapura. Sedangkan calon penganti prianya bernama Sulianto (34) merupakan pekerja restoran di Batam.

Awal pertemuan yang tidak sengaja membuat kedua insan itu saling jatuh cinta. Mereka memutuskan untuk lanjut ke jenjang pernikahan.

"Nanti perayaannya akan dirayakan di Indonesia, honey moonnya di Singapura sekalian balik kerja lagi. Rencananya Desember, persiapannya belum tapi sudah di rencanakan semua," tuturnya.

Sumber: https://news.detik.com

Artikel Manis Info Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Manis Info | Design by Bamz