Bupati ini di Tangkap Karena Halangi KPK

Artikel terkait : Bupati ini di Tangkap Karena Halangi KPK

Bupati ini di Tangkap Karena Halangi KPK

Ilustrasi Gambar

manisinfo.com - BUPATI Sabu Raijua Marthen Dira Tome ditangkap tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia ditangkap lantaran berupaya menghalangi penyidikan kasus dugaan korupsi dana pendidikan luar sekolah (PLS) tahun 2007-2008.

"Dia menghalangi pemeriksaan saksi-saksi kasus PLS NTT (Nusa Tenggara Timur)," kata Pelaksana Harian (Plh) Kabiro Humas KPK Yuyuk Andriati dalam pesan singkat, Selasa (15/11) dini hari.

Menurut dia, Marthen yang juga mantan kepala bidang pendidikan luar sekolah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur sudah berada di dalam Gedung KPK untuk diperiksa secara intensif.

"Ditangkap malam ini di daerah Tamansari, Jakarta Barat" tambah Yuyuk.

Kasus yang menjerat Marthen bermula dari laporan mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Fraksi Demokrat Anita Yakoba Gah terkait dugaan korupsi dana PLS senilai Rp77 miliar pada 2007. Kasus itu ditindaklanjuti Kejaksaan Negeri Kupang setahun kemudian.

Namun, Kejari Kupang tidak menemukan bukti dan menutup kasus. KPK mengambil alih kasus itu pada Oktober 2014 dari Kejaksaan Tinggi NTT yang sempat membuka kembali kasus tersebut pada 2011. Lembaga Antikorupsi pun menetapkan Marthen Dira Tome sebagai tersangka pada 2014.

Marthen sempat lolos dari jeratan hukum lantaran Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) mengabulkan gugatan praperadilan yang diajukan tersebut pada Mei 2016 lalu.
Hakim Tunggal PN Jaksel Nursyam yang memimpin persidangan ini menilai penetapan tersangka yang dilakukan KPK terhadap Marthen tidak sah dan melanggar Pasal 8 Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 Tentang KPK.

Nursyam menilai pengambilalihan kasus ini oleh KPK dari Kejati NTT tidak dilakukan serentak dengan tersangka. (mi/dr)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com

Artikel Manis Info Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Manis Info | Design by Bamz