Rupanya Rumah Irwandi dan Tarmizi Bertetangga

Artikel terkait : Rupanya Rumah Irwandi dan Tarmizi Bertetangga

Rupanya Rumah Irwandi dan Tarmizi Bertetangga


Manisinfo.com - SELAIN cerita tentang minggatnya dua calon petahana dari rumah dinas, ada pula cerita tentang calon gubernur Aceh, Irwandi Yusuf dan Tarmizi A Karim yang tinggal bertetangga di Gampong Bandar Baru, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh. Rumah Irwandi beralamat DI Jalan Salam, sedangkan rumah Tarmizi di Jalan Todak.
Saat disambangi Serambi, Ahad (6/11), Irwandi baru saja melaksanakan shalat Ashar. Dengan ramah, mantan gubernur Aceh ini menyalami beberapa orang, termasuk Serambi. “Peu kenek tanyong, tanyong laju (apa mau tanya, tanya terus),” katanya yang mengenakan stelan baju merah dan celana berwarna krim membuka pembicaraan.
Pembicaraan belangsung santai di teras belakang rumahnya. Di temani secangkir kopi hitam dan rokok kretek, Irwandi menceritakan banyak hal, mulai dari strategi pemenangan Pilkada 2017, keadaan rumahnya yang tak pernah sepi, hingga cerita hobinya menerbangkan pesawat. Obralan itu ditemani beberapa timsesnya. Sesekali Irwandi berseloroh hingga mengundang gelak tawa.
Ia mengatakan, rumahnya yang ditempatinya sejak tahun 2007 itu tak pernah sepi oleh pengunjung. Banyak tamu dari berbagai latar belakang pendidikan dan kepentingan datang untuk berdiskusi. Tak jarang dirinya terpaksa tidur selama 4 jam dalam sehari. “Rumah ini rumah umum, siapa saja boleh datang,” kata Irwandi.
Ia menggambarkan bentuk kebebasan rumahnya bahwa tidak saja didatangi oleh manusia, tetapi juga disinggahi burung-burung. “Bukan masyarakat saja yang datang, burungpun singgah di pohon saya untuk makan, kalau siang dan pagi ributnya bukan main,” ujarnya sambil menunjuk batang anggur yang tumbuh di samping kolam renang yang sering disinggahi burung.
Tentu sikap keterbukaan tersebut bukan untuk pencitraan jelang pilkada yang berlangsung pada 15 Februari 2017. Tetapi sudah dilakukannya sejak ia menjabat sebagai gubernur Aceh periode 2007-2012. Ia menduga, sifat tersebut turunan dari almarhum kakeknya yang saat masih hidup sebagai tokoh masyarakat.

Meskipun tak pernah sepi dari pengunjung, rumah yang memiliki kolam renang dan halaman luas itu adalah kediaman pribadi Irwandi Yusuf. Ia bersama istrinya, Darwati A Gani dan anak-anaknya tinggal di sana. Meski tak lagi menjabat sebagai gubernur Aceh, masyarakat selalu ramai di rumahnya, terlebih saat open house pada hari Lebaran.
Tak heran bila saat ia masih menjabat gubernur Aceh, Irwandi tidak tinggal di Meuligoe Gubernur, tetapi di kediaman pribadinya. Alasannya, agar masyarakat kecil mudah menjumpainya. “Nginap pernah, tinggal tidak pernah. Kalau ada tamu-tamu negara baru bertemu di pendopo,” ujar mantan propaganda GAM ini.
Tidak di rumah
Berbeda dengan suasana kediaman Tarmizi A Karim yang lebih tenang dan sepi. Di depan rumah hanya tampak satu unit mobil dan tempat bermain anak-anak. Maklum, saat Serambi mendatangi rumahnya, Minggu (6/11), Tarmizi sedang tidak berada di rumah, tapi di Jakarta.

Berdasarkan keterangan dari Sayuti, rumah tersebut sudah lama ditempati Pak Tar, begitu sapaan Tarmizi. Tidak jelas tahun berapa Pak Tar mendiami rumah di kompleks elite itu. “Yang jelas tahun 1995 saat saya ke sini (Banda Aceh) sudah ada rumah ini,” tambah dia.
Menurut Sayuti, rumah berlantai dua itu khusus dipergunakan untuk kediaman pribadi. Sementara kegiatan politik dilakukan di posko pemenangan yang berada di depan RSUZA Banda Aceh. “Kecuali ada orang-orang penting yang ingin bertemu, baru dilakukan di rumah,” ujarnya. (mi/dr)
sumber: http://aceh.tribunnews.com

Artikel Manis Info Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Manis Info | Design by Bamz