Ini ....Isi Gugatan Mualem-TA Khalid Ke Gugatan MK

Artikel terkait : Ini ....Isi Gugatan Mualem-TA Khalid Ke Gugatan MK

Ini ....Isi Gugatan Mualem-TA Khalid Ke Gugatan MK


Manisinfo.com - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Aceh, Muzakkir Manaf atau Mualem bersama pasangannya, TA Khalid, melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) RI.
Mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) itu menilai, telah terjadi kecurangan secara masif, terstruktur dan sistematis dalam pemilihan kepala daerah langsung 15 Februari 2017 lalu.
“Sehingga kami melihat ada sejumlah pelanggaran serius dalam tahapan tahapan yang menyebabkan paslon nomor urut 5 dirugikan secara konstitusional,“ ungkap Nasir Djamil, juru bicara tim pemenangan Mualem-TA Khalid, Rabu 1 Maret 2017.
Dia menyebutkan, alasan menggugat ke MK, yaitu dalam PKPU NO 8/2016 terkait letak tempat pemungutan suara.
“Letak tempat pemungutan suara itu masalah, pasti ada motifnya,” katanya.
Pelanggaran lainnya, lanjut politisi PKS itu, soal Qanun Nomor 12 Tahun 2016 yang menyangkut tentang Kartu Tanda Penduduk atau surat keterangan yang diterbitkan satuan kerja perangkat kabupaten/kota yang menyelenggarakan urusan pemerintahan.
Aturan yang tidak sesuai dengan Qanun No. 12 Tahun 2016, dan PKPU No. 15 Tahun 2016 yang mengakibatkan banyaknya pemilih tidak memberikan hak suaranya.
“Kami tahu, kartu tanda penduduk elektronik itu belum semua dimiliki oleh masyarakat Aceh di pelosok-pelosok. Ini membuat hak mereka, hak yang paling asasi yang diatur di dalam konstitusi bahwa hak dipilih dan memilih itu akhirnya hilang,” ujarnya.
Ketentuan PKPU Nomor 15 Tahun 2016 yang dianggap tidak dilaksanakan tentang rekapitulasi hasil penghitungan suara dan penetapan hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang transparan. Formulir model C1 KWK itu seharusnya ditempelkan di desa. Namun itu tidak dilakukan oleh penyelenggara.
“Pilkada harus transparan dan sesuai hukum. Ini membuat kita membawa persoalan ini ke MK,” pungkas Nasir.
Sebelumnya diberitakan, KIP Aceh dalam rapat pleno terbuka menetapkan pasangan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah sebagai peraih suara terbanyak dalam Pilkada Aceh. Dalam pleno itu saksi dari pasangan Mualem-TA Khalid memilih walk out. (mi/fr)
Sumber: https://klikkabar.com

Artikel Manis Info Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Manis Info | Design by Bamz