Aneh !! Kolam Mata Ie Kini Mengering di Sepanjang Sejarah

Artikel terkait : Aneh !! Kolam Mata Ie Kini Mengering di Sepanjang Sejarah

Aneh !! Kolam Mata Ie Kini Mengering di Sepanjang Sejarah



Aneh !! Kolam Mata Ie Kini Mengering di Sepanjang Sejarah - Kolam pemandian Mata Ie terkesan mengering sejak kemarin hari terbaru. Kondisi ini diduga dampak kemarau panjang yang melanda Aceh. 

"Kolam mengering semacam ini baru hari ini terjadi. Itu kesaksian orang yang telah lama tinggal di sini," kata Rita, salah satu pedagang di rumit pemandian Mata Ie terhadap portalsatu.com, Senin, 24 Juli 2017.


Ia mengaku, baru dua hari tiba di Mata Ie, seusai pulang ke kampung halamannya selagi satu bulan lebih di Medan.

"Saya terkejut sekali, pas hingga kemari telah tak ada air lagi dalam kolam, padahal baru ditinggal 50 hari yang lalu," sebutnya.

Ia mengaku, jualan di sini sejak seusai tsunami, sejak tahun 2015, serta baginya baru hari ini menonton kolam pemandian ini kering.

"Saya pikir ini dampak kemarau panjang, serta airnya juga diambil oleh berbagai perusahaan tergolong PDAM yang memasang pipa besar pas pada tempat keluar airnya," katanya. 

Ia berencana semakin berjualan di sini, meskipun air kolamnya kering.

"Telah hingga disini mau kemana lagi, saya bakal menantikan hingga air ada kembali," katanya. 

Salah satu pengunjung yang tak mau namanya ditulis, datang menonton kolam kering tersebut untuk memastikan berita yang Ia baca dari media.

 "Seingat saya yang telah 20 tahun di sini, ini yang pertama kali terjadi, dulu dulu airnya tak sempat sekering ini, makanya saya datang kemari untuk pastikan dengan mata," sebutnya. 

Pengunjung lain yang datang bertiga terkesan tetap berpakaian tenaga kontrak dinas mengaku baru pulang dari kantornya pada Dinas Kementrian Lingkunan Nasib juga tak mau namanya disebutkan.

"Saya telah 35 tahun tinggal di Banda Aceh, serta tak jarang berangkat kemari bersama keluarga, tapi baru hari ini kolam Mata Ie kering semacam ini," sebutnya. 

Sersan Mayor Alsukma R, dari Batu UT Koramil Setempat, mengaku anak tentara serta lahir di Mata Ie, semasa kecil tak jarang mandi di Mata Ie serta ia berkata, baru hari ini kolam tersebut mengering hingga sekering ini.

"Dulu itu, saat kemarau paling mengecil debit airnya, airnya tetap ada serta mengalir, tak separah ini," sebutnya. 

Ia meningkatkanakan, tidak hanya kemarau, kekeringan kolam ini juga disebabkan oleh pengambilan air oleh berbagai perusahaan air, jadi airnya dihisap semakin pakai mesin.

 "Semacam Perusahaan Air Mineral Sling, PDAM, serta ada satu lagi, saya tak ingat, kalau dulu airnya di ambil hanya untuk dialirkan ke warga kurang lebih Mata Ie serta komplek Rindam saja, kini penggunaannya hingga ke berbagai kecamatan" katanya. 

Menurutnya, ia mendengar kekeringan di kolam Mata Ie sejak satu minggu lalu, beredar berita kolamnya mengering.

"Sebetulnya kalau tak ditarik oleh mesin, airnya tetap bakal mengisi kolam, kemarin telah saya lihat tetap ada sumbernya, tapi telah ditarik dengan pipa besar. 

Ia meningkatkankan, untuk masyarakat saja, kini ini, nasib airnya magrib serta subuh saja.

Amatan Portalsatu.com, meskipun kolamnya mengering, pengunjung tetap ramai yang datang, bahkan terkesan anak-anak yang bermain sambil membakar sampah di dalam kolam besar serta bermain air pada genangan air kecil yang tersisa.

Terkesan juga ada tujuh pipa besar yang menyedot air dari sumber mata air tersebut juga dibatasi dengan jeruji logam di kawasan kolam pemandian Mata Ie tersebut.

Artikel Manis Info Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Manis Info | Design by Bamz